Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja Menggunakan Media Komunikasi
Kata Kunci:
Penyuluhan, Remaja, ObesitasAbstrak
Remaja merupakan individu yang sedang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dan ditandai dengan perkembangan yang sangat cepat dari aspek fisik, psikis dan sosial. Masa remaja mulai dihadapkan dengan berbagai masalah, salah satunya yaitu masalah perilaku makan. Permasalahan gizi yang terjadi pada usia remaja antara lain gizi lebih dan gizi kurang. Namun dibandingkan dengan proporsi gizi kurang, proporsi gizi lebih seperti obesitas pada remaja usia 15-19 tahun cenderung lebih banyak. Berdasarkan hasil survey yang telah lakukan bahwa masih banyak terdapat remaja sekolah yang mengalami obesitas, Oleh karena meningkatnya kejadian obesitas pada anak usia sekolah perlu suatu upaya pencegahan obesitas melalui sosialisasi upaya pencegahan obesitas pada remaja sehingga para remaja bisa menghindari terjadinya gizi lebih. Upaya pencegahan yang dilakukan memerlukan dukungan dari keluarga dan sekolah sehingga dapat menurunkan kejadian obesitas pada anak usia sekolah yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pencegahan obesitas dan meningkatkan pengetahuan akan bahaya obesitas. Kegiatanpengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal di Aula sekolah SMA MAN 1 Kotamobagu. Hasil penyuluhan atau sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi remajat siswa SMA MAN 1 Kotamabagu tentang pencegahan dan dampak yang ditimbulkan obesitas.Unduhan
Diterbitkan
2023-05-11
Cara Mengutip
Fauzan, M. R., Sarman, Rumaf, F., Darmin, Tutu, C. G., & Alkhair. (2023). Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja Menggunakan Media Komunikasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS, 1(2), 29–34. Diambil dari https://e-journal.stikesgunungmaria.ac.id/index.php/jpmm/article/view/39
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Moh Rizki Fauzan, Sarman, Fachry Rumaf, Darmin, Christien Gloria Tutu, Alkhair

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.