WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN

Penulis

  • Zefania Pagayang STIKES Gunung Maria Tomohon
  • Vione D. O Sumakul STIKES Gunung Maria Tomohon
  • Yesmina Tuwohingide STIKES Gunung Maria Tomohon

Kata Kunci:

Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

Abstrak

Pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan Rumah Sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Waktu tunggu dapat dijadikan indikator untuk mengetahui seberapa profesional Farmasi yang ditunjukkan dalam keterampilan melayani resep di rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan resep dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSU Gunung Maria Tomohon. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan total 254 sempel. Kriteria inklusi adalah pasien yang menebus obat racikan di Instalasi Rawat Jalan RSU Gunung Maria Tomohon. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji Chi Square. Kesimpulan penelitian ini menunjukan dari 135 responden yang waktu tunggu sesuai standart 113 responden (44,5%) menyatakan kepuasan atas layanan dan dari 119 responden yang waktu tunggu tidak sesuai standart 63 responden 

(24,8%) menyatakan ketidakpuasan akan layanan, berdasarkan hasil penelitian ini Rumah Sakit didorong untuk terus meningkatkan pelayanan terkhusus di Instalasi rawat jalan, guna meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-08

Cara Mengutip

Pagayang, Z., Sumakul, V. D. O., & Tuwohingide, Y. (2023). WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN. Watson Journal Of Nursing, 1(2), 67–73. Diambil dari https://e-journal.stikesgunungmaria.ac.id/index.php/wjn/article/view/32