HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK ST. THERESIA TARATARA
Abstrak
Latar belakang: Berimajinasi dan kepercayaan memiliki kekuatan merupakan kemampuan anak prasekolah di masa golden age. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk memperhatikan perkembangan anak khususnya kognitif. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara faktor peran orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia pra sekolah di TK St. Theresia Taratara. Metode: Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian correlative dan menggunakan pendekatan cross-sectional study. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua dan murid TK St. Theresia Taratara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total population sampling yaitu sebanyak 30 responden yang diberikan kuesioner tentang peran orang tua dan perkembangan kognitif anak. Data dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil: Uji hipotesis menunjukan nilai p value = 0,012 maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia pra sekolah. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa peran orang tua yang baik bagi anak-anak usia pra sekolah di TK. St. Theresia Taratara meningkaTKan kemampuan kognitif anak. Sehingga disarankan agar orang tua tetap mempertahankan dan meningkaTKan pola asuh anak.
Kata kunci: Anak pra sekolah, kognitif, peran orang tua
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pricilia Maria Toreh

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.